Biografi Singkat
as-Sayyid Ja'far al-Barzanji
As-Sayyid Ja’far bin Sayyid Hasan bin
Sayyid Abdul Karim bin Sayyid Muhammad bin Sayyid Rasul al-Barzanji adalah
seorang ulama besar keturunan Nabi Muhammad Saw. dari keluarga Saadah al-Barzanji yang masyhur berasal
dari Barzanj di Iraq. Beliau dilahirkan di Kota Madinah al-Munawwarah pada
tahun 1126 H.
Leluhur Sayyid Ja'far semuanya
merupakan ulama terkemuka yang terkenal dengan ilmu dan `amal, keutamaan dan
kesholehan. Prof. Dr. al-Muhaddits al-‘Alim al-‘Allamah as-Sayyid Muhammad bin ‘Alwi
bin ‘Abbas al-Maliki dalam Haul Ihtifaal
bi Dzikra al-Maulid an-Nabawiy asy-Syarif menulis pada halaman 99:
Al-‘Allaamah al-Muhaddits al-Musnid
as-Sayyid Ja’far bin Hasan bin Abdul Karim al-Barzanji adalah Mufti Syafi’iyyah
di Kota Madinah al-Munawwarah. Terjadi perselisihan tentang tahun kewafatannya.
Sebagian ulama menyebutkan bahwa Sayyid Ja’far meninggal pada tahun 1177 H.
Al-Imam az-Zubaidi dalam al-Mu'jam al-Mukhtash menuliskan bahwa
beliau wafat tahun 1184 H, dimana Imam az-Zubaidi pernah berjumpa dengan beliau
dan menghadiri majlis pengajiannya di Masjid Nabawi yang mulia.
Beliau adalah pengarang kitab maulid
yang masyhur dan terkenal dengan nama Maulid
al-Barzanji. Sebagian ulama mengatakan bahwa nama karangannya tersebut
adalah ‘Iqd al-Jauhar fi Maulid an-Nabiyyi
al-Azhar. Maulid karangan beliau ini adalah diantara kitab maulid yang
paling populer dan paling luas tersebar ke pelosok negeri 'Arab dan Islam, baik
di Timur maupun di Barat. Bahkan banyak dari mereka yang menghafalnya.
Kandungannya merupakan khulashah (ringkasan) Sirah Nabawiyyah
yang meliputi kisah kelahiran Rasulullah Saw., diutusnya beliu Saw. sebagai Rasul,
hijrah, akhlak, peperangan hingga kewafatan beliau Rasulullah Saw.
Kitab Maulid al-Barzanji ini telah disyarahi oleh al-‘Allamah al-Faqih
asy-Syaikh Abu Abdillah Muhammad bin Ahmad yang terkenal dengan panggilan Ba’ilisy
dengan kitab syarah yang dinamakan al-Qaul
al-Munji 'ala Maulid al-Barzanji yang telah berulang kali dicetak di Mesir.
(Beliau Syekh Ba`ilisy adalah seorang ulama besar jebolan al-Azhar asy-Syarif, bermazhab
Maliki lagi Asy`ari dan menjalankan Thoriqah asy-Syadziliyyah. Beliau lahir
pada tahun 1217 H/1802 M dan wafat pada tahun 1299 H/1882 M. Karyanya antara
lain adalah; Hidayat al-Murid li 'Aqidat
Ahl at-Tauhid, Syarh al-'Aqa’id al-Kubra li as-Sanusi, Hasyiyah 'ala Syarhi
ash-Shoghir li ad-Dardir, Minhu al-Jalil 'ala Mukhtashar Khalil dan Hidayat as-Salik
ila Aqrab al-Masalik fi Furu` al-Fiqh al-Maliki).
Selain Syekh Ba’ilisy, ulama kita
kelahiran Banten Pulau Jawa, yang terkenal sebagai ulama dan penulis yang
produktif dengan banyak karangannya yaitu Punggawa Ulama Hijaz, an-Nawawi
ats-Tsani, Syaikh Muhammad Nawawi al-Bantani al-Jawi turut menulis syarah dari
kitab Maulid al-Barzanji yang diberi
judul Madarij ash-Shu’ud ila Iktisa’ al-Buruud.
Begitu juga dari salah satu cucu Sayyid
Ja'far al-Barzanji yang bernama sama dengan kakeknya yaitu Sayyid Ja’far bin
Sayyid Isma’il bin Sayyid Zainal ‘Abidin bin Sayyid Muhammad al-Hadi bin Sayyid
Zain al-Barzanji, telah menulis syarah dari kitab Maulid al-Barzanji tersebut yang diberi judul al-Kaukab al-Anwar ‘ala ‘Iqd al-Jauhar fi Maulid an-Nabiy al-Azhar.
Sayyid Ja'far ini juga adalah seorang ulama besar keluaran al-Azhar asy-Syarif.
Beliau juga merupakan seorang Mufti Syafi`iyyah. Karangan-karangan beliau
banyak, diantaranya; Syawahid al-Ghufran ‘ala
Jaliy al-Ahzan fi Fadhail Ramadhan, Mashabih al-Ghurar ‘ala Jaliy al-Kadar dan
Taj al-Ibtihaj ‘ala Dhau’ al-Wahhaj fi Isra’ wa al-Mi’raj. Beliau juga
telah menulis sebuah manaqib yang menceritakan perjalanan hidup dan ketinggian kakeknya
Sayyid Ja'far al-Barzanji dengan judul ar-Raudh
al-‘Athar fi Manaqib as-Sayyid Ja’far.
Sayyid Ja'far al-Barzanji, selain dikenal
sebagai mufti, beliau juga menjadi khatib di Masjid Nabawi dan mengajar di
masjid yang mulia tersebut. Beliau terkenal bukan saja karena ilmu, akhlak dan
takwanya, tapi juga dengan kekeramatan dan kemakbulan doanya. Penduduk Madinah
sering meminta beliau berdoa untuk hujan pada musim-musim kemarau.
Diceritakan bahwa satu ketika di musim
kemarau, di saat beliau sedang menyampaikan khutbah Jum’at, seseorang meminta
beliau beristisqa’ (memohon hujan). Maka dalam khutbahnya itu, beliau pun
berdoa memohon hujan, dengan serta merta doanya terkabul dan hujan terus turun
dengan lebatnya hingga seminggu lamanya, persis sebagaimana yang pernah terjadi
pada zaman Rasulullah Saw. Menyaksikan peristiwa tersebut, maka sebagian ulama
pada zaman itu telah memuji beliau dengan bait-bait syair yang berbunyi:
“Dahulu
al-Faruuq dengan al-‘Abbas beristisqa’ memohon hujan
Dan
kami dengan Ja’far pula beristisqa’ memohon hujan
Maka
yang demikian itu wasilah mereka kepada Tuhan
Dan
ini wasilah kami seorang Imam yang ‘arif.”
Sayyid Ja'far al-Barzanji wafat di
Kota Madinah dan dimakamkan di Jannatul Baqi’, tepatnya di sebelah bawah maqam nenek
moyang beliau dari kalangan anak-anak perempuan Rasulullah Saw.
Sungguh karya-karya Sayyid Ja'far telah
membawa umat untuk selalu mengingat Rasulullah Saw. Menjadikan umat lebih mencintai
Rasulullah Saw. Menenggelamkan umat dalam lautan rindu kepada Rasulullah Saw.
Setiap kali karangannya dibaca, sholawat dan salam selalu terlantunkan atas
Baginda Nabi Agung Muhammad Saw.
Kegigihan Sayyid
Ja’far dalam Menuntut Ilmu
Semasa kecilnya beliau telah belajar al-Quran
dari Syeikh Ismail al-Yamani, dan belajar tajwid serta memperbaiki bacaan
dengan Syeikh Yusof as-Su’idi dan Syeikh Syamsuddin al-Misri.
Diantara guru-guru beliau dalam ilmu
agama dan syariat adalah:
·
Sayyid
Abdul Karim Haidar al-Barzanji
·
Syeikh
Yusuf al-Kurdi
·
Sayyid
Athiyatullah al-Hindi.
Beliau kemudian berhijrah dan menetap
di Makkah selama lima tahun. Di sana beliau belajar kepada para ulama besar,
diantaranya:
·
Syeikh
Athallah ibn Ahmad al-Azhari
·
Syeikh
Abdul Wahab ath-Thanthowi al-Ahmadi
·
Syeikh
Ahmad al-Asybuli
Beliau juga telah mendapatkan ijazah
dari para ulama besar, diantaranya:
·
Syeikh
Muhammad ath-Thoyib al-Fasi
·
Sayyid
Muhammad ath-Thobari
·
Syeikh
Muhammad ibn Hasan al-‘Ajimi
·
Sayyid
Musthofa al-Bakri
·
Syeikh
Abdullah asy-Syubrawi al-Misri
Penguasaannya
dalam Ilmu Agama
Beliau banyak menguasai cabang-cabang ilmu
agama diantaranya ialah Shorof, Nahwu, Manthiq, Ma’ani, Bayan, Adab, Fiqh, Ushul
Fiqh, Faraidh, Hisab, Ushuluddin, Hadits, Ushul Hadits, Tafsir, Hikmah,
Handasah, ‘Arudh, Kalam, Lughat, Sirah, Qiraat, Suluk, Tasawwuf, Kutub Ahkam,
Rijal, Mustholahul Hadits.
Karya-karya
Beliau
Karangan beliau cukup banyak
diantaranya adalah:
·
Al-Birr
al-‘Ajil bi Ijabat asy-Syeikh Muhammad al-Ghafil
·
Jaliyat
al-Kadr bi Asmai Ashshab Sayyid al-Malaik wa al-Basyar
·
Jaliyat
al-Kurb wa al-Ahadiyyin bi Asma’ Sayyid al-‘Ajam wa al-‘Arab fi Asma’
al-Badriyyin
·
Al-Lujjainiy
ad-Daniy fi Manaqib asy-Syeikh Abdil Qadir al-Jailaniy
·
Ar-Raudh
al-Mu’thar fi Maa Yuhaddi as-Sayyid Muhammad min al-Asy’al
·
Asy-Syiqaq
al-Atrijiyyah fi Manaqib al-Asyraf al-Barzanjiyyah
·
Ath-Thawali’
al-As’adiyyah min al-Mathali’ al-Masyriqiyyah
·
Al-‘Ariyn li
Asma’ ash-Shabat al-Badriyyin
·
Fath ar-Rahman
‘ala Ajwibat as-Sayyid Ramdhan
·
Al-Faidh
al-Lathif bi Ijabat Naib as-Sar’ asy-Syarif
·
Nuhudh
al-Laits li Jawab Abi al-Ghaits
·
‘Iqd al-Jauhar
fi Maulid an-Nabiyyi al-Azhar (Maulid al-Barzanji).
Kemasyhuran
Beliau
Beliau telah diakui banyak kalangan
dan mendapat kedudukan yang dekat di sisi pembesar Makkah dan Madinah, serta
para menteri Kerajaan Utsmaniah. Kemasyhuran dan kehebatan beliau telah
menyebar ke seluruh pelosok dunia Islam. Karangan-karangan beliau telah diterima dan dipuji oleh para ulama yang sezaman
denganya sehingga tersebarlah tulisan-tulisan
beliau di kalangan para penuntut ilmu.
Sifat-sifat
Beliau
Beliau mempunyai akhlak yang terpuji,
jiwa yang bersih, sangat pemaaf dan pengampun, zuhud, amat berpegang dengan al-Quran
dan as-Sunnah, wara’, banyak berdzikir, senantiasa bertafakkur, mendahului
dalam berbuat kebajikan, gemar bersedekah, dan sangat pemurah.
Penutup
Dari biografi singkat Sayyid Ja’far
Al-Barzanji di atas, jelaslah bagi kita bahwa beliau bukanlah orang biasa.
Bahkan beliau menjabat sebagai Mufti Madinah al-Munawwarah cukup lama yang mana
hal ini menunjukkan akan ketinggian ilmu beliau dan kesalehan beliau.
Refferensi
- Al-Kawakib al-Anwar
Syarh al-Maulid an-Nabawiy, karangan Sayyid Ja’far ibn al-Barzanji (keturunan Sayyid Ja’far al-Barzanji)
yang wafat pada tahun 1317 H/1899 M. Ditahqiq oleh Syeikh Nada Farj Darwisy, dan
disimak oleh Institut Pengkajian Akademik Universitas al-Azhar, cetakan Markaz ibn al-Athar li at-Turats,
halaman 647-650.
- Kasyf az-Zunun
‘an Asam al-Kutub wa al-Funun, karangan Haji Khalifah, cetakan Dar
al-Fikr, Beirut, tahun 1999 M, bab jim “Ja’far”, jilid 5, halaman 211.
- Al-Asybah wa
an-Nadzair,
karangan al-Imam Jalaluddin as-Suyuthiy, cetakan ketiga Dar al-Kutub al-Ilmiah,
Beirut, tahun 2005 M, jilid 2, halaman 225.
- Haul Ihtifaal
bi Dzikra al-Maulid an-Nabawiy asy-Syarif, karangan Prof. Dr.
al-Muhaddits al-‘Alim al-‘Allamah as-Sayyid Muhammad bin ‘Alwi bin ‘Abbas
al-Maliki, cetakan al-Fithrah, Surabaya, halaman 99.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar