Ibnu Sa’ad dan Mala meriwayatkan di dalam
sirahnya bahwa Rasulullah SAW telah bersabda : ‘Pada setiap generasi
umatku terdapat manusia-manusia adil dari kalangan Ahlul Baitku, yang
menyingkirkan dari agama ini segala bentuk penyimpangan orang-orang yang
sesat, pemalsuan orang-orang yang batil , dan petakwilan orang-orang
yang bodoh.’
Dikalangan dunia penuntut ilmu
dipondok-pondok pesantren, nama Sayyid Ahmad Zaini Dahlan sudah tidak
asing lagi. Namanya harum dan masyhur dikalangan mereka karena sebagian
besar daripada sanad keilmuan para ulama Nusantara (Indonesia, Malaysia
dan Fathoni ) bersambung kepada ulama besar ini. Beliau sangat terkenal
sebagai seorang ulama pembela Ahlus Sunnah wal Jamaah dalam menentang
faham Wahabi, sehingga Ulama besar ini sangat dibenci dan amat dimusuhi
oleh golongan Wahabi. Maka banyak fitnah yang ditaburkan terhadap
beliau. Tujuannya tidak lain agar umat Islam yang tidak tahu yang
sebenarnya menjauhinya.
Menurut riwayat, Sayyid Ahmad Zaini Dahlan lahir di Makkah pada 1232H /1816M. Selesai menimba ilmu di kota kelahirannya, ia lantas dilantik menjadi mufti Mazhab Syafi`i, merangkap “Syeikhul Harom” suatu pangkat ulama tertinggi saat itu yang mengajar di Masjidil Harom yang diangkat oleh Syeikhul Islam yang berkedudukan di Istanbul, Turki.
Menurut riwayat, Sayyid Ahmad Zaini Dahlan lahir di Makkah pada 1232H /1816M. Selesai menimba ilmu di kota kelahirannya, ia lantas dilantik menjadi mufti Mazhab Syafi`i, merangkap “Syeikhul Harom” suatu pangkat ulama tertinggi saat itu yang mengajar di Masjidil Harom yang diangkat oleh Syeikhul Islam yang berkedudukan di Istanbul, Turki.
Ulama besar inilah yang telah memberi
perlindungan kepada Syaikh Rahmatullah bin Kholilurrohman al-Kironawi
al-Hindi al-Utsmani ( lahir 1226H /1811M, riwayat lain lahir Jumadil
Awwal 1233H /9 Maret 1818M, wafat malam Jum`at, 22 Ramadan 1308H /2 Mei
1891M) ketika diburu oleh penjajah Inggris bahkan beliau
memperkenalkannya kepada pemerintah Makkah. Sehingga Syeikh Rahmatullah
mendapat izin untuk membuka Madrasah Shoulatiyah.
Sayyid Ahmad Zaini Dahlan adalah
merupakan seorang Syeikhul Islam, Mufti Haromain dan Pembela Ahlus
Sunnah Wal Jama`ah. Berasal dari keturunan yang mulia, ahlul bait
Rosulullah Saw. Silsilah beliau bersambung kepada Sayyiduna Hasan, cucu
kesayangan Rasulullah SAW. Berdasarkan kitab Taajul-A`raas, juz 2,
halaman 702 karya al-Imam al-A`llaamah al-Bahr al-Fahhamah al-Habib A`li
bin Husain bin Muhammad bin Husain bin Ja`far al-A`ththoos. Nasabnya
adalah seperti berikut:-
1.
Al-Imam al-Ajal wal-Bahrul Akmal Faridu ‘Ashrihi wa Aawaanihi
Syaikhul-Ilm wa Haamilu liwaaihi wa Hafidzu Haditsin Nabi S.a.w. wa
Kawakibu Sama-ihi, Ka’batul Muriidin wa Murabbis Saalikiin asy-Sayyid
Ahmad
2. bin Zaini Dahlan
3. bin Ahmad Dahlan
4. bin ‘Utsman Dahlan
5. bin Ni’matUllah
6. bin ‘Abdur Rahman
7. bin Muhammad
8. bin ‘Abdullah
9. bin ‘Utsman
10. bin ‘Athoya
11. bin Faaris
12. bin Musthofa
13. bin Muhammad
14. bin Ahmad
15. bin Zaini
16. bin Qaadir
17. bin ‘Abdul Wahhaab
18. bin Muhammad
19. bin ‘Abdur Razzaaq
20. bin ‘Ali
21. bin Ahmad
22. bin Ahmad (Mutsanna)
23. bin Muhammad
24. bin Zakariyya
25. bin Yahya
26. bin Muhammad
27. bin Abi ‘Abdillah
28. bin al-Hasan
29. bin Sayyidina ‘Abdul Qaadir al-Jilani, Sulthanul Awliya
30. bin Abi Sholeh
31. bin Musa
32. bin Janki Dausat Haq
33. bin Yahya az-Zaahid
34. bin Muhammad
35. bin Daud
36. bin Muusa al-Juun
37. bin ‘Abdullah al-Mahd
38. bin al-Hasan al-Mutsanna
39. bin al-Hasan as-Sibth
40. bin Sayyidinal-Imam ‘Ali & Sayyidatina Fathimah al-Batuul rodliyallahu ‘anhuma wa `anhum ajma`in.
2. bin Zaini Dahlan
3. bin Ahmad Dahlan
4. bin ‘Utsman Dahlan
5. bin Ni’matUllah
6. bin ‘Abdur Rahman
7. bin Muhammad
8. bin ‘Abdullah
9. bin ‘Utsman
10. bin ‘Athoya
11. bin Faaris
12. bin Musthofa
13. bin Muhammad
14. bin Ahmad
15. bin Zaini
16. bin Qaadir
17. bin ‘Abdul Wahhaab
18. bin Muhammad
19. bin ‘Abdur Razzaaq
20. bin ‘Ali
21. bin Ahmad
22. bin Ahmad (Mutsanna)
23. bin Muhammad
24. bin Zakariyya
25. bin Yahya
26. bin Muhammad
27. bin Abi ‘Abdillah
28. bin al-Hasan
29. bin Sayyidina ‘Abdul Qaadir al-Jilani, Sulthanul Awliya
30. bin Abi Sholeh
31. bin Musa
32. bin Janki Dausat Haq
33. bin Yahya az-Zaahid
34. bin Muhammad
35. bin Daud
36. bin Muusa al-Juun
37. bin ‘Abdullah al-Mahd
38. bin al-Hasan al-Mutsanna
39. bin al-Hasan as-Sibth
40. bin Sayyidinal-Imam ‘Ali & Sayyidatina Fathimah al-Batuul rodliyallahu ‘anhuma wa `anhum ajma`in.
Murid-muridnya
Diantara murid-murid beliau yang terkenal
ialah Sayyid Abu Bakar Syatho ad-Dimyathi rhm. Pengarang
“I’anathuth-Tholibin Syarh Fath al-Mu’in karya al-Malibary” yang
masyhur, Sayyidil Quthub al-Habib Ahmad bin Hasan al-Aththas rhm, Sayyid
Abdullah az-Zawawi Mufti Syafi`iyyah, Mekah. Sayyid Abu Bakar Syatho
ad-Dimyathi telah mengarang kitab bernama “Nafahatur Rohman” yang
merupakan manaqib atau biografi kebesaran gurunya Sayyid Ahmad rhm.
Adapun ulama-ulama Nusantara yang pernah berguru dengan ulama besar ini ialah:-
-Syeikh Nawawi bin U`mar Al-Jawi Al-Bantani (Jawa Barat)
-Syeikh Abdul Hamid Kudus (Jawa Timur) – Syeikh Muhammad Khalil al-Maduri (Jawa Timur)
- Syeikh Muhammad Saleh bin Umar, Darat (Semarang)
- Syeikh Ahmad Khatib bin Abdul Latif bin Abdullah al-Minankabawi (Sumatra Barat)
- Syeikh Hasyim Asy’ari Jombang (Jawa Timur)
- Sayyid Utsman bin ‘aqil bin Yahya Betawi (DKI Jakarta)
- Syeikh Arsyad Thawil al-Bantani (Jawa Barat)
- Tuan guru Kisa-i Minankabawi [atau namanya Syeikh Muhammad Amrullah Tuanku Abdullah Saleh. Beliau inilah yang melahirkan dua orang tokoh besar di dunia Melayu. Yang seorang ialah anak beliau sendiri, Dr. Syeikh Haji Abdul Karim Amrullah. Dan yang seorang lagi ialah cucu beliau, Syeikh Abdul Malik Karim Amrullah (HAMKA)
- Syeikh Muhammad bin Abdullah as-Shuhaimi
- Syeikh Ahmad bin Muhammad Zain al-Fathoni
- Tuan Hussin Kedah (Malaysia)
- Syeikh Ahmad Yunus Lingga,
- Datuk Hj Ahmad (Ulama Brunei Dar as-Salam)
- Tok Wan Din, nama lengkapnya Syeikh Wan Muhammad Zainal Abidin al-Fathoni,
- Syeikh Abdul Qadir al-Fathoni (Tok Bendang Daya II),
- Haji Utsman bin Abdullah al-Minankabawi, Imam, Khatib dan Kadi Kuala Lumpur yang pertama,
- Syeikh Muhammad al-Fathoni bin Syeikh `Abdul Qadir bin `Abdur Rahman bin `Utsman al-Fathoni
- Sayyid `Abdur Rahman al-Aidrus (Tok Ku Paloh)
- Syeikh `Utsman Sarawak
- Syeikh Abdul Wahab Rokan
Dan lain-lain.
-Syeikh Abdul Hamid Kudus (Jawa Timur) – Syeikh Muhammad Khalil al-Maduri (Jawa Timur)
- Syeikh Muhammad Saleh bin Umar, Darat (Semarang)
- Syeikh Ahmad Khatib bin Abdul Latif bin Abdullah al-Minankabawi (Sumatra Barat)
- Syeikh Hasyim Asy’ari Jombang (Jawa Timur)
- Sayyid Utsman bin ‘aqil bin Yahya Betawi (DKI Jakarta)
- Syeikh Arsyad Thawil al-Bantani (Jawa Barat)
- Tuan guru Kisa-i Minankabawi [atau namanya Syeikh Muhammad Amrullah Tuanku Abdullah Saleh. Beliau inilah yang melahirkan dua orang tokoh besar di dunia Melayu. Yang seorang ialah anak beliau sendiri, Dr. Syeikh Haji Abdul Karim Amrullah. Dan yang seorang lagi ialah cucu beliau, Syeikh Abdul Malik Karim Amrullah (HAMKA)
- Syeikh Muhammad bin Abdullah as-Shuhaimi
- Syeikh Ahmad bin Muhammad Zain al-Fathoni
- Tuan Hussin Kedah (Malaysia)
- Syeikh Ahmad Yunus Lingga,
- Datuk Hj Ahmad (Ulama Brunei Dar as-Salam)
- Tok Wan Din, nama lengkapnya Syeikh Wan Muhammad Zainal Abidin al-Fathoni,
- Syeikh Abdul Qadir al-Fathoni (Tok Bendang Daya II),
- Haji Utsman bin Abdullah al-Minankabawi, Imam, Khatib dan Kadi Kuala Lumpur yang pertama,
- Syeikh Muhammad al-Fathoni bin Syeikh `Abdul Qadir bin `Abdur Rahman bin `Utsman al-Fathoni
- Sayyid `Abdur Rahman al-Aidrus (Tok Ku Paloh)
- Syeikh `Utsman Sarawak
- Syeikh Abdul Wahab Rokan
Dan lain-lain.
Para ulama
banyak memberikan gelar kepada beliau antara lain sebagai al-Imam
al-Ajal (Imam pada waktunya), Bahrul Akmal (Lautan Kesempurnaan), Faridu
'Ashrihi wa Aawaanihi (Ketunggalan masa dan waktunya), Syaikhul-Ilm wa
Haamilu liwaaihi (Syaikh Ilmu dan Pembawa benderanya) Hafidzu Haditsin
Nabi SAW wa Kawakibu Sama-ihi (Penghafal Hadits Nabi SAW. dan
Bintang-bintang langitnya ), Ka'batul Muriidin wa Murabbis Saalikiin (
Tumpuan para murid dan Pendidik para salik ), dan lain-lain.
Inilah orang yang difitnah dan dituduh
oleh gembong2 Wahhabi sebagai tukang fitnah yang memburuk-burukkan Ibnu
Abdul Wahhab an-Najdi dan Wahhabi. Ketahuilah bahwa antara yang awal
memfitnah Sayyid Ahmad Zaini Dahlan rhm. adalah Rasyid Ridha murid Abduh
yang mengarang "Tafsir al-Manar" rujukan kaum Wahhabi. Tujuan mereka
memfitnah Sayyid Ahmad adalah untuk memusnahkan ilmu dan pengetahuan
yang sebenarnya, agar kebatilan mereka diterima. Sesungguhnya Sayyid
Ahmad bersih dari tuduhan musuh-musuhnya tersebut, beliau adalah ulama
yang tsiqat ( yang bisa dipercaya ).
Sayyid Abu Bakar Syatho ad-Dimyathi dalam
"Nafahatur Rohman" antara lain menulis:- "Sayyid Ahmad bin Zaini Dahlan
r.a. hafal al-Qur`an dengan baik dan menguasai 7 cara bacaan Qur`an (
qiroatus sab`ah ). Beliau juga hafal kitab "asy-Syaathibiyyah" dan
"al-Jazariyyah", dua kitab yang sangat bermanfaat bagi pelajar yang
hendak mempelajari qiroah sab`ah. Karena cinta dan perhatiannya pada
al-Qur`an, beliau memerintahkan sejumlah qori untuk mengajar ilmu ini,
beliau kawatir ilmu ini akan hilang jika tidak diajarkan terus."
Mudah-mudahan Allah SWT merahmati dan
meridhoi Sayyid Ahmad Zaini Dahlan dan murid-muridnya
Aaaaaamiiiin.....serta kita sekalian. Mudah-mudahan Allah SWT menguatkan
iman dan taqwa kita serta memberi kita kekuatan untuk mempertahankan
Islam dan Ahlus Sunnah Wal Jama`ah serta para ulamanya.
Sayyid Ahmad Zaini Dahlan al-Hasany
kembali ke rahmatullah pada tahun 1304 H /1886 M setelah menghabiskan
usianya di jalan Allah berkhidmat untuk agamaNya. Beliau di maqamkan di
Madinah al-Munawwarah. Sesungguhnya amat besar jasa ulama ini dalam
mempertahankan pegangan Ahlus Sunnah wal Jama`ah sehingga beliau
dijadikan tempat gembong2 Wahhabi ahlul bughoh melepas geram dengan
berbagai fitnah dan cacian.
Sayyid Ahmad Zaini Dahlan adalah seorang
u`lama yang produktif Selain melahirkan para ulama beliau juga
menghasilkan karangan yang sangat banyak diantaranya adalah:
1. Al-Futuhatul Islamiyyah;
2. Tarikh Duwalul Islamiyyah;
3. Khulasatul Kalam fi Umuri Baladil Haram;
4. Al-Fathul Mubin fi Fadhoil Khulafa ar-Rasyidin;
5. Ad-Durarus Saniyyah fi raddi 'alal Wahhabiyyah;
6. Asnal Matholib fi Najati Abi Tholib;
7. Tanbihul Ghafilin Mukhtasar Minhajul 'Abidin;
8. Hasyiah Matan Samarqandi;
9. Risalah al-Isti`araat;
10. Risalah I'raab Ja-a Zaidun;
11. Risalah al-Bayyinaat;
12. Risalah fi Fadhoilis Sholah;
13. Shirathun Nabawiyyah;
14. Syarah Ajrumiyyah;
15. Fathul Jawad al-Mannan;
16. Al-Fawaiduz Zainiyyah Syarah Alfiyyah as-Sayuthi;
17. Manhalul 'Athsyaan; dll.
2. Tarikh Duwalul Islamiyyah;
3. Khulasatul Kalam fi Umuri Baladil Haram;
4. Al-Fathul Mubin fi Fadhoil Khulafa ar-Rasyidin;
5. Ad-Durarus Saniyyah fi raddi 'alal Wahhabiyyah;
6. Asnal Matholib fi Najati Abi Tholib;
7. Tanbihul Ghafilin Mukhtasar Minhajul 'Abidin;
8. Hasyiah Matan Samarqandi;
9. Risalah al-Isti`araat;
10. Risalah I'raab Ja-a Zaidun;
11. Risalah al-Bayyinaat;
12. Risalah fi Fadhoilis Sholah;
13. Shirathun Nabawiyyah;
14. Syarah Ajrumiyyah;
15. Fathul Jawad al-Mannan;
16. Al-Fawaiduz Zainiyyah Syarah Alfiyyah as-Sayuthi;
17. Manhalul 'Athsyaan; dll.
"ad-Durarus -
Saniyyah fir - rad 'ala al-Wahhabiyyah" ("Mutiara-mutiara yang amat
berharga untuk menolak faham Wahhabi"}. Inilah diantara kitab karangan
Panutan kita Sayyid Ahmad bin Zaini Dahlan al-Hasany. Kitab inilah yang
menyebabkan gembong2 Wahhabi marah dan murka dengan Sayyid Ahmad rhm.
Diantara isi kitab ini ialah penjelasan mengenai hukum ziarah maqam
Junjungan Nabi SAW, hukum tawassul, hukum istighotsah, hukum tabarruk (
ngalap berkah ), kesesatan Wahhabi, penolakan ulama terhadap Muhammad
bin Abdul Wahhab dan sejarah muncul dan perlakuan Muhammad bin Abdul
Wahhab dan pengikutnya.
Sayyid Ahmad Zaini Dahlan mengatakan:
`Abd al-Wahhab, bapak Muhammad bin abdul wahab adalah seorang yang salih
dan merupakan seorang tokoh ahli ilmu, begitu juga dengan al-Syaikh
Sulaiman. Al-Syaikh `Abd al-Wahhab dan al-Syaikh Sulaiman, keduanya dari
awal ketika Muhammad mengikuti pengajarannya di Madinah al-Munawwarah
telah mengetahui pendapat dan pemikiran Muhammad yang meragukan.
Keduanya telah mengkritik dan mencela pendapatnya dan mereka berdua
turut memperingatkan orang ramai mengenai bahayanya pemikiran Muhammad. [
tuqilan Sayyid Zaini Dahlan, al-Futuhat al-Islamiyah, Vol. 2, h.357.]
Dalam keterangan beliau yang lain
dikatakan bahwa bapaknya `Abd al-Wahhab, saudaranya Sulaiman dan
guru-gurunya telah dapat mengenali tanda2 penyelewengan agama ( ilhad )
dalam diri Muhammad yang didasarkan kepada perkataan, perbuatan dan
tentangan Muhammad bin abd wahab terhadap banyak persoalan agama. [
Zaini Dahlan, al-Futuhat al-Islamiyah, Vol. 2, h.357.]
Dari Kitab DURARUSSANIYAH FIR RADDI ALAL WAHABIYAH karya Syeikhul Islam Allamah Sayyid Ahmad bin Zaini Dahlan Asy-Syafi’I :
Diantara sifat-sifat wahabi yang tercela
ialah kebusukan dan kekejiannya dalam melarang orang berziarah ke makam
dan membaca sholawat atas Nabi SAW, bahkan dia ( Muhammad bin Abdul
Wahhab) sampai menyakiti orang yang hanya sekedar mendengarkan bacaan
sholawat dan yang membacanya dimalam Jum’at serta yang mengeraskan
bacaannya di atas menara-menara dengan siksaan yang amat pedih.
Pernah suatu ketika salah seorang lelaki
buta yang memiliki suara yang bagus bertugas sebagai muadzin, dia telah
dilarang mengucapkan shalawat di atas menara, namun lelaki itu selesai
melakukan adzan membaca shalawat, maka langsung seketika itu pula dia
diperintahkan untuk dibunuh, kemudian dibunuhlah dia, setelah itu
Muhammad bin Abdul Wahhab berkata :
“perempuan-perempuan yang berzina dirumah
pelacuran adalah lebih sedikit dosanya daripada para muadzin yang
melakukan adzan di menara2 dengan membaca shalawat atas Nabi. Kemudian
dia memberitahukan kepada sahabat-sahabatnya bahwa apa yang dilakukan
itu adalah untuk memelihara kemurnian tauhid ( kayaknya orang ini maniak
atau menderita sindrom tertentu ). Maka betapa kejinya apa yang
diucapkannya dan betapa jahatnya apa yang dilakukanya ( mirip revolusi
komunisme ).
Tidak hanya itu saja, bahkan diapun
membakar kitab Dalailul Khairat ( kitab ini yang dibaca para pejuang
Afghanistan sehingga mampu mengusir Uni Sovyet / Rusia, namun kemudian
Wahabi mengirim Taliban yang akan membakar kitab itu) dan juga
kitab-kitab lainnya yang memuat bacaan-bacaan shalawat serta keutamaan
membacanya ikut dibakar, sambil berkata apa yang dilakukan ini
semata-mata untuk memelihara kemurnian tauhid.
Dia juga melarang para pengikutnya
membaca kitab-kitab fiqih, tafsir dan hadits serta membakar sebagian
besar kitab-kitab tsb, karena dianggap susunan dan karangan orang-orang
kafir. Kemudian menyarankan kepada para pengikutnya untuk menafsirkan Al
Qur’an sesuai dengan kadar kemampuannya, sehingga para pengikutnya
menjadi BIADAB dan masing-masing menafsirkan Al Qur’an sesuai dengan
kadar kemampuannya, sekalipun tidak secuilpun dari ayat Al Qur’an yang
dihafalnya. Lalu ada seseorang dari mereka berkata kepada seseorang :
“Bacalah ayat Al Qur’an kepadaku, aku akan menafsirkanya untukmu, dan
apabila telah dibacakannya kepadanya maka dia menafsirkan dengan
pendapatnya sendiri. Dia memerintahkan kepada mereka untuk mengamalkan
dan menetapkan hukum sesuai dengan apa yang mereka fahami serta
memperioritaskan kehendaknya diatas kitab-kitab ilmu dan nash-nash para
ulama, dia mengatakan bahwa sebagian besar pendapat para imam keempat
madzhab itu tidak ada apa-apanya.
Sekali waktu, kadang memang dia
menutupinya dengan mengatakan bahwa para imam ke empat madzhab
Ahlussunnah adalah benar, namun dia juga mencela orang-orang yang sesat
lagi menyesatkan. Dan dilain waktu dia mengatakan bahwa syari’at itu
sebenarnya hanyalah satu, namun mengapa mereka (para imam madzhab)
menjadikan 4 madzhab. Ini adalah kitab Allah dan sunnah Rasul, kami
tidak akan beramal, kecuali dengan berdasar kepada keduanya dan kami
sekali-kali tidak akan mengikuti pendapat orang-orang Mesir, Syam dan
India. Yang dimaksud adalah pendapat tokoh-tokoh ulama Hanbaliyyah dll
dari ulama-ulama yang menyusun buku-buku yang menyerang fahamnya.
Dengan demikian, maka dia adalah orang
yang membatasi kebenaran, hanya yang ada pada sisinya, yang sejalan
dengan nash-nash syara’ dan ijma’ ummat, serta membatasi kebathilan di
sisinya apa yang tidak sesuai dengan keinginannya, sekalipun berada
diatas nash yang jelas yang sudah disepakati oleh ummat.
Dan adalah dia adalah orang yang
mengurangi keagungan Rasulullah SAW dengan banyak sekali atas dasar
memelihara kemurnian tauhid. Dia mengatakan bahwa Nabi SAW itu tak
ubahnya :”THORISY”. Thorisy adalah istilah kaum orientalis yang berarti
seseorang yang diutus dari suatu kaum kepada kaum yang lain. Artinya,
bahwa Nabi SAW itu adalah pembawa kitab, yakni puncak kerasulan beliau
itu seperti “Thorisy” yang diperintah seorang amir atau yang lain dalam
suatu masalah untuk manusia agar disampaikannya kepada mereka, kemudian
sesudah itu berpaling (atau tak ubahnya seorang tukang pos yang bertugas
menyampaikan surat kepada orang yang namanya tercantum dalam sampul
surat, kemudian sesudah menyampaikannya kepada yang bersangkutan, maka
pergilah dia. Dengan ini maka jelaslah bahwa kaum Wahabi hanya mengambil
al Qur’an sebagian dan sebagian dia tinggalkan).
Diantara cara dia mengurangi ke-agungan
Rasulullah SAW ialah pernah mengatakan : “AKU MELIHAT KISAH PERJANJIAN
HUDAIBIYAH, MAKA AKU DAPATI SEMESTINYA BEGINI DAN BEGINI”, dengan maksud
menghina dan mendustakan Nabi SAW (seolah-olah mereka tahu waktu Nabi
SAW membuat perjanjian itu – pen.) dan seterusnya masih banyk lagi
nada-nada yang serupa yang dia ucapkan, sehingga para pengikutnya pun
melakukan seperti apa yang dilakukannya dan berkata seperti apa yang
diucapkannya itu. Sehingga ada sebagian pengikutnya yang berkata :
“SESUNGGUHNYA TONGKATKU INI LEBIH BERGUNA
DARIPADA MUHAMMAD, KARENA TONGKATKU INI BISA AKU PAKAI UNTUK MEMUKUL
ULAR, SEDANG MUHAMMAD SETELAH MATI TIDAK ADA SEDIKITPUN KEMANFA’ATAN
YANG TERSISA DARINYA, KARENA DIA (RASULULLAH S A W) ADALAH SEORANG
THORISY DAN SEKARANG SUDAH BERLALU”.
Sebagian ulama’ yang menyusun buku guna
menolak faham ini mengatakan bahwa ucapan-ucapan seperti itu adalah
“KUFUR” menurut ke empat madzhab, bahkan kufur menurut pandangan seluruh
para ahli Islam.
Peringatan!!!!
Berhati-hatilah dengan fitnah yang dihembuskan oleh orang-orang Wahabi kepada al-Allamah Sayyid Ahmad Zaini Dahlan. Mereka menuduh al-`Allamah Sayyid Ahmad Zaini Dahlan sebagai tukang buat fitnah, rafidhi dan lain-lain lagi. Na’udzu billah ming Dzalik Apa yang mereka lakukan merupakan jarum halus musuh untuk menghancurkan kebenaran. Tujuan mereka menghembuskan fitnah atas al-A`llamah Sayyid Ahmad Zaini Dahlan al-Hasany adalah semata-mata untuk meruntuhkan sanad keilmuan dan pengetahuan para ulama kita bahkan ulama seluruh dunia, agar kebathilan mereka [Wahabi] diterima. Apakah terbesit kita mengatakan para ulama kita seperti Syeikh Nawawi al-Bantani, syeikh Hasyim Asy’ari, Syeikh Muhammad Kholil ( Mbah Khalil ), Sayyid Utsman bin Yahya, Syeikh Utsman Sarawak, Syeikh Abdul Wahab Rokan, Syeikh Abdul Qadir al-Fathoni Syeikh Ahmad al-Fathoni, dan lain-lainnya itu berguru kepada seorang tukang fitnah
Ingatlah dan renungkan dalam hati sanubari kita, apa jasa Muhammad bin Abdul Wahhab dengan kita atau dengan nenek datuk kita dibandingkan dengan jasa Sayyid Ahmad Zaini Dahlan dan para ulama nuslantara kita terdahulu.
Berhati-hatilah dengan fitnah yang dihembuskan oleh orang-orang Wahabi kepada al-Allamah Sayyid Ahmad Zaini Dahlan. Mereka menuduh al-`Allamah Sayyid Ahmad Zaini Dahlan sebagai tukang buat fitnah, rafidhi dan lain-lain lagi. Na’udzu billah ming Dzalik Apa yang mereka lakukan merupakan jarum halus musuh untuk menghancurkan kebenaran. Tujuan mereka menghembuskan fitnah atas al-A`llamah Sayyid Ahmad Zaini Dahlan al-Hasany adalah semata-mata untuk meruntuhkan sanad keilmuan dan pengetahuan para ulama kita bahkan ulama seluruh dunia, agar kebathilan mereka [Wahabi] diterima. Apakah terbesit kita mengatakan para ulama kita seperti Syeikh Nawawi al-Bantani, syeikh Hasyim Asy’ari, Syeikh Muhammad Kholil ( Mbah Khalil ), Sayyid Utsman bin Yahya, Syeikh Utsman Sarawak, Syeikh Abdul Wahab Rokan, Syeikh Abdul Qadir al-Fathoni Syeikh Ahmad al-Fathoni, dan lain-lainnya itu berguru kepada seorang tukang fitnah
Ingatlah dan renungkan dalam hati sanubari kita, apa jasa Muhammad bin Abdul Wahhab dengan kita atau dengan nenek datuk kita dibandingkan dengan jasa Sayyid Ahmad Zaini Dahlan dan para ulama nuslantara kita terdahulu.
Katakan TIDAK kepada Wahabi.!!!!
dan kami mohon bagi para pembaca tidak lupa bacakan Fatihah buat Sayyid Ahmad Zaini Dahlan…..Alfatihata
Hadiyatan Ila Hadhroti Nabiyil karim Saw. wa a`la aalihi waashabihi
ajmain sholawatullohi wassalamuhu alaihim ajmain, tsuma Hadiyatan ila
Ruhi sayyidi Ahmad bin Zaini Dahlan Wajalhu FiQobrihi nuron waungsaw
wahijabam minannar bilbarokaatil Fatihah………..
Tidak ada komentar:
Posting Komentar